Lebih Gelap Kaca Film Tak Selalu Lebih Adem, Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 January 2021

Lebih Gelap Kaca Film Tak Selalu Lebih Adem, Ini Sebabnya

momobil.id – Ada anggapan semakin gelap kaca film maka lebih efektif menangkal panas yang akan masuk ke kabin. Misalnya, kaca film 60 persen dinilai lebih adem jika dibandingkan kaca film 40 persen.

Namun, benarkah demikian? Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar juga. Karena tingkat kegelapan bukan satu-satunya yang menentukan efektivitas penangkalan panas.

Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip laman Hyundai, kaca film mobil terbuat dari bahan transparan, biasanya polyester transparan. Sekilas terlihat seperti sampul buku. Hal utama yang mencegah panas masuk ke dalam mobil adalah kandungan dalam bahan polyester tersebut.

Kandungan tersebut biasanya merupakan campuran zat-zat besi dan pewarna yang memberikan warnanya. Tetapi yang utama dalam mencegah panas tersebut adalah zat-zat besi tersebut yang bisa menyaring sinar UV.

Tergantung dari kaca film mana yang digunakan, kaca film bisa menyaring hingga 99 persen sinar UV untuk masuk ke dalam kabin. Inilah yang bisa membuat kabin lebih adem.

Karena yang utamanya adalah kandungannya, maka sering juga ada kaca film yang terlihat terang atau bahkan bening, namun di dalam kabin tetap adem. Hal ini karena kualitas material yang digunakan pada kandungannya sangat baik. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa kaca film yang lebih gelap tidak selalu lebih adem ketimbang kaca film yang terlihat terang atau bening.

Baca juga: Mau Pasang Kaca Film Anti Peluru? Siapkan Uang Segini

Adapun kemampuan kaca film untuk menahan panas matahari juga tergantung pada teknologinya. Ada kaca film yang mungkin memiliki teknologi nano untuk mengurangi cahaya yang datang dari luar mobil, tetapi juga mampu menjaga visibilitas pengemudi dari kabin.

Teknologi tersebut membuat kaca film akan terlihat gelap dari luar, sedangkan pandangan dari dalam ke luar akan terlihat jelas pada siang maupun malam hari. Tidak hanya itu, kaca film seperti ini juga dijelaskan dapat mencegah jamur dan memberikan lapisan yang tidak mudah tergores.

Sebagai tambahan, memilih kaca film juga harus memperhatikan bahan yang digunakan. Disarankan agar pengendara tidak menggunakan kaca film yang terbuat dari campuran logam.


Kembali ke atas