Lima Jenis Asuransi Kendaraan yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 28 May 2020

Lima Jenis Asuransi Kendaraan yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil

momobil.id – Salah satu kekurangan membeli mobil secara kredit adalah konsumen harus membayar dengan harga yang lebih mahal dibanding membeli secara tunai. Meski begitu, membeli mobil secara kredit juga memiliki kelebihan karena biasanya sudah dipaketkan dengan asuransi. Konsumen pun harus memahami jenis asuransi kendaraan agar tidak salah paham jika suatu saat ingin mengajukan klaim.

Bagi yang membeli mobil secara kredit, biasanya setiap perusahaan pembiayaan sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan menyediakan polis serta aturan pengajuan asuransi mobil yang berbeda-beda. Meski berbeda-beda, jenis asuransi kendaraan pada kredit mobil pasti akan sama pada intinya. Berikut jenis asuransi kendaraan pada kredit mobil yang perlu diketahui.

Baca juga: Benarkah AC Double Blower Lebih Dingin dari Single Blower?

All Risk (Comprehensive)

Sesuai namanya, asuransi ini menanggung semua risiko. Dengan asuransi ini, mobil konsumen akan dijamin sepenuhnya, baik kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan. Meski begitu, konsumen perlu mencermati lebih lanjut mengenai syarat pengajuan klaim.

Misalnya mobil rusak berat akibat kerusuhan, konsumen perlu melihat lebih lanjut dalam perjanjian polis apakah kondisi seperti ini ditanggung atau tidak. Karena biasanya kerusakan yang dijamin yakni akibat perbuatan jahat, dalam arti rusaknya mobil tersebut akibat dirusak oleh sekelompok orang dalam jumlah tertentu. Jika ingin tambahan perlindungan seperti rusak akibat kerusuhan, konsumen bisa membeli perluasan jaminan.

Hal ini juga berlaku untuk kerusakan akibat sebab lain seperti bencana alam, banjir misalnya. Namun perlu diperhatikan, meski asuransi konsumen sudah mencakup perlindungan bencana alam, maka bukan berarti bisa menerobos banjir sembarangan. Klaim ini bisa tidak berlaku jika konsumen sengaja menerobos banjir sehingga membuat mobil menjadi rusak.

Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang paling umum digunakan orang ketika ingin kredit mobil. Pada asuransi jenis ini, mobil akan dijamin ketika terjadi kehilangan saja, baik itu akibat pencurian atau perampasan.

Asuransi ini juga berlaku untuk kerusakan mobil di atas 75 persen. Dengan kata lain, mobil memang tidak bisa digunakan lagi sehingga asuransi wajib menggantinya. Jadi, berbeda dengan asuransi all risk, yang lecet sedikit pun akan diganti, sedangkan asuransi TLO hanya kehilangan saja atau kerusakan di atas 75 persen yang membuat asuransi berkewajiban untuk menggantinya.

Collision Coverage

Asuransi Collision Coverage bertujuan untuk melindungi akibat tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi. Asuransi ini akan membiayai kerusakan mobil dan bahkan memberikan ganti rugi sesuai harga mobil yang dimiliki konsumen. Asuransi ini cocok digunakan para pemilik mobil mewah, baik itu mobil baru maupun mobil antik yang eksklusif dengan banderol harga yang fantastis.

Liability Insurance

Liability Insurance juga memberikan layanan klaim berdasarkan kasus yang sama dengan Collision Coverage. Namun bedanya, asuransi ini bisa memberikan jaminan tambahan, meliputi biaya tagihan medis atas cedera yang dialami pengemudi.

Personal Injury Protection

Asuransi ini merupakan perlindungan kecelakaan terhadap diri sendiri. Perusahaan asuransi akan memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi atas hal yang menimpa pengemudi dan juga penumpangnya.



Kembali ke atas