Cara Mengemudikan Mobil Manual di Tanjakan agar Tak Mundur Sendiri

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 July 2021

Cara Mengemudikan Mobil Manual di Tanjakan agar Tak Mundur Sendiri

momobil.id – Melewati jalan menanjak apalagi dalam kondisi lalu lintas yang macet, mungkin menjadi situasi yang menegangkan bagi pemula yang baru belajar mengendarai mobil manual. Pasalnya, salah-salah mobil bisa mundur sendiri dan menabrak kendaraan di belakangnya. Sebenarnya, ada trik mengemudikan mobil manual di tanjakan agar kendaraan tidak mundur sendiri.

Mobil manual yang mundur saat melewati tanjakan biasanya karena pengemudi kurang pas menyelaraskan bukaan gas dan kopling. Sementara itu, ada gaya yang menarik mobil ke belakang. Alhasil, mobil kehilangan momentum untuk melaju dan malah mundur. Menghadapi situasi seperti ini, Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, saat melewati tanjakan terjal dengan mobil manual, dibutuhkan koordinasi antara tangan, mata dan kaki.

“Pertama, injak rem dalam-dalam sambil mengaktifkan rem tangan,” ucap Roslianna kepada Kompas.com. Ini sebagai antisipasi mobil mundur akibat kehilangan momentum berjalan. Selain itu, dengan mengaktifkan rem tangan bisa buat jaga-jaga sambil melancarkan perpindahan kaki (gas dan kopling.

Roslianna melanjutkan, langkah selanjutnya kaki kiri pengemudi injak kopling sampai mentok, baru masukkan gigi 1. Karena fungsi rem kaki sudah digantikan oleh rem tangan, maka kaki kanan pengemudi bisa stand by di gas. “Kemudian lepas pedal kopling perlahan hingga pengemudi merasa mobilnya sudah siap jalan, sambil tambah tekanan gas,” kata Roslianna.

Pada saat yang bersamaan rilis rem tangan, biarkan mobil melaju menanjak sedikit demi sedikit. Di sini pengemudi harus jaga momentum agar mobil tetap bisa menanjak. “Dengan begitu, meski kondisi di tanjakan yang sangat terjal pun mobil tidak akan mundur,” ucap Roslianna.

Baca juga: Lima Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Bandel

Adapun tips lain ketika mengemudikan mobil manual di tanjakan yakni sebaiknya hindari menggunakan teknik setengah kopling. Memang cara ini bisa dilakukan, tetapi akan membuat kopling akan cepat panas, bahkan bisa sampai jebol. Jadi cara paling efektif ketika menemui jalur menanjak adalah dengan menggunakan gigi 1 dan gigi 2 dan memanfaatkan rem tangan. Gunakan gigi 1 ketika tanjakan benar-benar curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas