Mengenal Cara Kerja Sensor Mobil Toyota Parking Assist

Tips Mobil Mobil Bekas

Sebagai otomotif ternama di Indonesia dan dunia, hampir setiap keluaran terakhir Toyota dilengkapi sensor mobil berupa Toyota parking assist. Meski ada yang dilengkapi visual, namun ada juga sensor hanya dengan tanda bunyi. Bagaimana caranya agar tetap aman saat parkir dengan mobil Toyota parking assist?

Fitur ini merupakan pengembangan teknologi Toyota untuk memandu saat parkir agar aman dari benturan. Cakupan dari fitur ini beragam mulai dari alarm jarak, visual, hingga peringatan manuver antar jarak.

Toyota memiliki Ultrasonic Waves Clearance Sonar (UWCS) yang ditujukan untuk membantu pengemudi mengatur jarak antar obyek dari mobil yang dikemudikannya. Fitur ini ditempatkan pada setiap sudut bumper depan dan belakang. Tujuan fitur ini untuk menginformasikan jarak mobil Anda dengan kendaraan lain di sekitaran. Sensor akan memberikan peringatan berupa bunyi beep agar pengemudi dapat mengantisipasi jarak aman.

Fitur keamanan lainnya adalah steering-sensor, yakni untuk mendeteksi jarak dengan indikator sensor sonar dan buzzer. Dalam kondisi kecepatan tinggi, mobil Toyota akan memberitahukan jarak aman dengan kendaraan yang di depan dan di belakangnya.

Ada juga Back Guide Monitor (BGM), yakni teknologi untuk membantu pengemudi memundurkan mobil hingga mendapat jarak aman maksimal. Ini berkat rear camera yang diletakkan pada bumper belakang. Indikatornya berbentuk visual pada monitor, lengkap dengan garis pandu imajiner untuk mengukur area parkir.

Berdasarkan buku pedoman pemilik mobil Toyota, untuk sensor parkir mundur tanpa visual (monitor) dicantumkan ada dua sensor yang dipasang pada bagian tengah bumper belakang. Fitur ini akan bekerja selagi mesin mobil on dengan tuas transmisi di posisi R. Sensor akan memberitahu jarak benda yang berada di sekitarnya. Jika sensor berbunyi putus-putus lambat, maka jarak benda di belakang masih lebih dari 1.200 mm.

Jika suara putus-putusnya makin cepat, jarak dengan benda di belakang berjarak 500 - 1000 mm. Suara akan makin cepat hingga jarak paling dekat 100 mm. Kurang dari itu, suara akan berbunyi panjang menandakan tak ada ruang aman lagi dan Anda harus menghentikan secepatnya.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Mau Tahu Jenis Mobil yang Cocok untuk Wanita?
    • 22 Feb 2019
  • 1000 Orang Dibayarin di Harcilnas Adira Finance 2019
    • 21 Feb 2019
  • Promo Harbolnas Menangin Vespa Gratis
    • 20 Feb 2019
  • Beli Mobil A la Jagoan Selebritis Oscar 2019
    • 20 Feb 2019
  • Mobil Bekas Terbaik di Bawah Harga Rp 150 Jutaan
    • 19 Feb 2019