Mengenal Perbedaan Sportscar, Supercar, dan Hypercar

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 7 January 2021

Mengenal Perbedaan Sportscar, Supercar, dan Hypercar

momobil.id – Klasifikasi mobil tentunya sangat beragam. Ada city car, LCGC, MPV, SUV, dan sebagainya. Namun, pernahkah Sahabat Momo mendengar istilah sportscar, supercar, dan hypercar? Persamaan dari ketiga jenis mobil itu yakni sama-sama menawarkan performa tinggi dibanding mobil pada umumnya. Namun tetap ada perbedaan antara sportscar, supercar, dan hypercar.

Jika kebetulan belum mengetahui perbedaan ketiga jenis mobil tersebut, yuk simak perbedaan sportscar, supercar, dan hypercar berikut ini.

Sportscar

Sport Car Images | Dunia Belajar
Ilustrasi mobil sportscar

Mobil jenis ini mungkin tidak sepenuhnya digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi bekerja, belanja, atau liburan. Mobil sportscar lebih ditujukan untuk hiburan. Mobil ini jelas memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan mobil-mobil biasa pada umumnya.

Mobil-mobil seperti Dodge Challenger, Ford Mustang, Mazda Miata, Chevrolet Corvette, dan Porsche 911 bisa dikategorikan sebagai sportscar. Untuk performanya sendiri, sportscar biasanya memiliki angka tertinggi di 500 dk.

Supercar

Top 10 Best Supercars & Exotics Of 2019
Ilustrasi mobil supercar

Setingkat di atas sportscar, yang masuk kategori supercar diantaranya ada Honda NSX, McLaren 720S, Lamborghini Aventador SuperVeloce, Ford GT, Aston Martin Vanquish, atau Ferrari SF90 Stradale.

Baca juga: Prediksi Otomotif 2021, Model SUV Masih Banyak Peminat

Untuk performa, supercar biasanya ada di angka 500 dk hingga 800 dk yang mayoritas bermesin tengah. Namun, ada juga supercar yang bermesin depan seperti Dodge Viper dan Corvette ZO6. Sama seperti sportscar, mobil jenis ini juga jarang sekali diperuntukkan untuk keperluan sehari-hari.

Hypercar

Historic French brand Delage returns with 1100 hp D12 hypercar - Inceptive  Mind
Ilustrasi mobil hypercar

Sebagai kasta tertinggi pada mobil, performa yang dimiliki hypercar tentunya sangat tinggi. Perlu skill mengemudi yang tinggi juga untuk menjinakkan performa mobil yang satu ini.

Dengan tenaga yang dihasilkan di angka 800 dk hingga 1.479 dk, membuat hypercar dijuluki sebagai speed-monster. Di kategori ini, mobil yang cukup familiar adalah Bugatti Chiron. Ada juga Pagani Huayra BC, Porsche 918 Spyder, McLaren P1, Aston Martin Valkyrie dan lainnya.

Sahabat Momo udah pernah ketemu belum dengan tiga jenis mobil di atas di jalanan Indonesia? Nah, itu tadi perbedaan singkat tentang sportscar, supercar, dan hypercar. Kalau definisi menurut Sahabat Momo bagaimana? Share di kolom komentar yuk!


Kembali ke atas