Mobil Keluaran Terkini Sebaiknya Minimal Minum BBM RON 92, Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 November 2020

Mobil Keluaran Terkini Sebaiknya Minimal Minum BBM RON 92, Ini Sebabnya

momobil.id – Mobil keluaran terbaru dianjurkan menggunakan BBM yang memiliki oktan tinggi. Misalnya menggunakan Pertamax, Shell Super, atau sejenisnya yang kadar oktannya kurang lebih sama. Mobil baru keluaran terkini tak dianjurkan menggunakan BBM yang kadar oktannya lebih rendah seperti Premium atau sejenisnya yang nilai oktannya sama.

Ada alasan tertentu mengapa mobil baru keluaran terkini tak dianjurkan meminum BBM yang memiliki oktan rendah seperti Premium dan sejenisnya. Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, mobil lansiran tahun 2000 ke atas rata-rata memiliki kompresi yang tinggi.

Karena itu dibutuhkan juga BBM yang memiliki oktan tinggi. “Jadi gini, mobil baru dengan mesin-mesin kompresi yang rata-rata saat ini sudah 11 dan lainnya, sudah pasti dibutuhkan oktan tinggi untuk mengimbanginya,” ucap Bambang saat dihubungi Kompas.com.

“Kenapa, karena semakin tinggi oktan semakin panjang pembakarannya, titik apinya juga makin tinggi yang membuat pembakaran lebih sempurna,” kata dia

Menurut Bambang, bila mobil dengan kompresi tinggi dijejali dengan BBM jenis Premium, dampaknya sudah pasti sebaliknya. Pembakaran tidak akan optimal dan menimbulkan knocking alias ngelitik.

Baca juga: Begini Tahapan yang Benar ketika Proses Coating Mobil

Akumulasi dari semua efek yang terjadi tersebut, akan berimbas pada performa mesin mobil baru dengan kompresi tinggi yang loyo alias tak bertenaga. Dampak dari tarikan berat, pedal gas pun akan sering dinjak lebih dalam yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

“Kalau ditanya bisa pakai Premium, bisa-bisa saja, tapi ya ada konsekuensinya, baik jangka pendek dan panjang. Jadi disarankan menggunakan BBM yang sesuai pabrikan saja, minimal itu RON 92,” ucap Bambang.


Kembali ke atas