Pahami Teknik Kickdown Saat Mengemudi Mobil Matik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 March 2022

Pahami Teknik Kickdown Saat Mengemudi Mobil Matik

momobil.id – Memahami berbagai macam teknik mengemudi wajib dilakukan bagi seorang pengemudi. Pemahaman teknik mengemudi sangat penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat menyebabkan potensi kecelakaan. Teknik mengemudi mobil transmisi manual tentu berbeda dengan teknik mengemudi transmisi otomatis / matik. Salah satunya saat mobil dalam keadaan menanjak. Pada mobil bertransmisi matik, ada salah satu teknik yang menjadi senjata pamungkas dalam melewati tanjakan, yaitu kickdown.

Teknik kickdown pada mobil matik merupakan salah satu upaya menurunkan gigi saat hendak berakselerasi. Biasanya teknik ini dilakukan saat mobil membutuhkan torsi lebih besar, atau saat berakselerasi. Kepala Bengkel Auto 2000 Raden Inten Bandar Lampung, Nurrahman Adi Saputra menambahkan teknik kickdown biasanya juga dipakai saat mobil melaju pada tanjakan yang ekstrim.

“Jadi saat sistem pada komputer mobil tidak bisa mendeteksi bahwa pengemudi membutuhkan tenaga yang lebih, biasanya mereka akan menggunakan teknik kickdown untuk mengingatkan sistem komputer bahwa mobil membutuhkan tenaga atau torsi ekstra,” ujar Nurrahman dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Ini Bahaya Mengemudi Mobil Transmisi Matik dengan 2 Kaki

Untuk pengaplikasian teknik kickdown cukup mudah. Pastikan posisi tuas transmisi mobil matik pada posisi “D” atau drive sebelum melakukan kickdown. Kemudian lepas pedal gas beberapa saat sebelum menanjak. Setelah itu, injak kembali pedal gas secara spontan dan kuat. Usahakan dalam kondisi siap saat menginjak pedal gas secara spontan, karena mobil akan sedikit lebih susah dikendalikan akibat torsi yang besar.

Meskipun teknik kickdown tidak dilarang, pengemudi disarankan untuk melakukan kickdown salam kondisi tertentu saat mobil membutuhkan tenaga dan torsi yang besar. Misalnya seperti saat hendak menyalip kendaraan, atau mobil dalam keadaan menanjak. Apabila pengemudi sering melakukan kickdown, mesin mobil bisa berpotensi jebol. Oleh karena itu, pengemudi mobil matik harus lebih bijak saat melakukan kickdown.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas