Penting! 5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Menjual Mobil Bekas

Ditulis oleh : admin | 10 March 2017

Penting! 5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Menjual Mobil Bekas

Menjadi hal yang wajar apabila sang pemilik mobil merasa bosan dengan mobil yang dipakainya saat ini. Apalagi jika mobil yang dipakai sudah bertahun-tahun menjadi tunggangan Anda. Apakah Anda termasuk seseorang yang merasa demikian? Jika benar, hal pertama yang terpikirkan bagi setiap pemilik mobil–yang merasa bosan dengan mobilnya–adalah mengganti mobil lama dengan mobil yang baru.

Menjual mobil bekas
Source: Momobil.id

Yang menjadi masalah saat membeli mobil baru adalah, mobil lama menjadi tidak terpakai dan hanya menjadi pajangan di garasi rumah. Nah, jika Anda memiliki perencanaan yang matang, Anda dapat menjual mobil lama untuk mendapatkan mobil yang baru. Tentu saja, menjual mobil lama tidak praktis begitu saja. Diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil lama Anda bisa cepat laku terjual. Bagaimana caranya? Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan saat menjual mobil bekas. Yuk simak!

Baca Juga : 3 Kesalahan Cara Membeli Mobil Bekas

1. Periksa Kondisi Mobil Anda

Sebelum memastikan diri untuk menjual mobil bekas Anda, pastikan dulu semua komponen pada mobil Anda berfungsi dan dalam kondisi prima. Hal ini dimaksudkan agar calon pembeli tidak kecewa–langsung tertarik–saat pertama kali melihat mobil yang Anda jual. Untuk itu, melakukan perawatan rutin adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum menjual mobil Anda. Hal-hal penting seperti, mengganti oli, melakukan tune-up pada mesin secara rutin, mengecek kondisi AC, memastikan power window dan central lock apakah berjalan dengan baik atau tidak, merupakan hal-hal yang biasanya sering menjadi perhatian para calon pembeli mobil Anda.

2. Pastikan Mobil Anda Bersih

Salah satu hal yang menjadi first impression seseorang saat hendak membeli mobil bekas adalah kondisi kebersihan mobil. Kebersihan adalah hal yang paling nampak jelas pada sebuah mobil. Jadi, tentu saja, Anda harus memastikan terlebih dulu apakah kondisi mobil Anda bersih atau tidak sebelum memastikan diri untuk menjual kepada calon pembeli. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan bagian eksterior mobil Anda bersih dan mengkilap saat calon pembeli hendak melakukan pengecekan. Hal kedua yang harus dilakukan adalah pastikan bagian interior bersih dan wangi saat calon pembeli mengecek ruang kabin mobil Anda. Kedua hal tersebut tidak lah begitu sulit untuk Anda lakukan karena saat ini telah banyak salon perawatan mobil yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan ibukota Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Setelah semuanya dilakukan, jangan lupa pasang pengharum ruangan pada interior mobil Anda agar aroma harum memberikan kenyamanan di ruang kabin mobil Anda.

3. Sesuaikan Nominal Dengan Harga Pasaran

Setelah kondisi mobil–baik mesin maupun eksterior dan interior–telah dipastikan untuk siap dijual kepada calon pembeli, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menyesuaikan nominal dengan harga yang berlaku di pasaran. Dalam hal ini, Anda bisa mengecek harga pasaran mobil Anda di situs atau forum jual beli mobil bekas online, majalah otomotif, atau Anda juga bisa langsung datang ke showroom mobil bekas untuk menanyakan atau berdiskusi mengenai harga pasaran mobil Anda. Tentu saja, informasi-informasi yang Anda dapatkan melalui beragam cara akan bermanfaat untuk menentukan harga jual mobil Anda kepada sang calon pembeli. Namun, Anda juga jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya perawatan dan biaya perbaikan yang sudah Anda lakukan sebelum menjual mobil Anda. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi proses penawaran yang sering dilakukan oleh calon pembeli.

4. Banyak Cara Yang Bisa Anda Pilih Saat Menjual Mobil Bekas

Ketika mobil Anda sudah siap untuk dijual, pastikan Anda mengetahui berbagai cara untuk menjualnya. Cara yang paling sederhana saat menjual mobil adalah Anda bisa melakukan cara memajang mobil Anda di pinggir jalan dengan tulisan DIJUAL atau FOR SALE. Namun, cara ini sebenarnya sudah dianggap kuno bagi sebagian orang yang hendak menjual mobilnya. Hal tersebut karena proses penjualan yang memakan waktu lama sampai mobil benar-benar laku terjual. Di era yang serba digital saat ini, akan lebih efektif jika Anda menjual mobil secara online. Dimana tempat menjual mobil secara online? Tentu saja, Momobil.id adalah wadah paling tepat untuk Anda yang hendak menjual mobil secara online. Caranya pun sangat mudah dilakukan, Anda cukup mendaftarkan diri, upload foto mobil Anda, dan proses penjualan mobil bekas secara online sudah bisa Anda lakukan. Mudah bukan?

5. Berusahalah Untuk Jujur

Menjadi pribadi yang jujur adalah hal utama yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Dalam konteks menjual mobil, Anda sepatutnya bersikap jujur ketika ada masalah atau kondisi dimana mobil Anda memiliki kekurangan. Jika memang ada kondisi kerusakan seperti bekas tabrakan, lecet pada bagian bodi, dan lain sebagainya, bersikaplah jujur pada calon pembeli Anda. Dalam hal ini, Anda juga harus jujur bagaimana kondisi surat-surat mobil Anda yang diantaranya, STNK, BPKB, pajak kendaraan, dan berbagai macam lainnya. Hal ini berguna untuk menghindari komplain dari pembeli mobil Anda di kemudian hari. Jika Anda bersikap tidak jujur, sudah pasti ketika Anda hendak menjual mobil lagi suatu saat kemudian, Anda sudah termasuk di dalam blacklist sebagai penjual mobil yang tidak direkomendasikan. Maka dari itu, jujur adalah poin penting saat menjual mobil Anda.

Nah, itu dia 5 hal yang harus Anda perhatikan saat hendak menjual mobil bekas. Sebenarnya, menjual mobil bekas tidak lah begitu sulit jika Anda ingin mobil yang dijual cepat laku terjual. Lakukan poin-poin tersebut, dan jangan lupa, jual mobil Anda di situs jual beli mobil bekas online terpercaya Momobil.id secepatnya. Karena para calon pembeli sudah menantikan mobil yang Anda hendak jual! Dengan begitu, mobil Anda akan cepat laku terjual di pasaran!

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas