Perhatikan Lima Hal Berikut Sebelum Ganti Velg Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 April 2020

momobil.id – Velg standar yang diberikan pabrikan mobil mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang. Karena itu, ganti velg mobil merupakan opsi yang biasa dipilih oleh para pemilik kendaraan.

Namun sebelum memutuskan ganti velg mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil tetap nyaman digunakan. Karena jika asal mengganti velg mobil, bisa berakibat pada ketidaknyamanan berkendara dan yang paling parah bisa merusak kendaraan itu sendiri. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika ganti velg mobil oleh pemilik kendaraan? Berikut ulasannya.

Baca juga: Tertarik Meminang Suzuki Ignis? Segini Biaya Perawatannya

Diameter

Diameter velg bisa dilihat dari ukuran ring. Saat ini ada berbagai macam jenis ring mulai dari ring 13, 14, 15, 16, 17, hingga 22. Ketika memilih ukuran ring, perhatikan juga ukuran velg standar. Jangan memilih ring yang terlalu besar dari ukuran standar karena dikhawatirkan bisa mentok atau gasruk jika mobil mengangkut beban full penumpang.

Lebar velg

Bagian ini juga penting diperhatikan karena nanti akan menyesuaikan dengan ban yang dipakai agar tidak mentok. Di bagian lebar velg ini biasanya ada kode huruf yang menandakan peruntukkan velg tersebut seperti:

  • J: kendaraan penumpang
  • JJ: kendaraan SUV
  • F, G, H: kendaraan mini van, pick up
  • S, T, V: kendaraan komersial

PCD

PDC velg
PDC velg

PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter. Setiap mobil memiliki ukuran PCD yang berbeda. Ukuran PCD yang biasa ditemui seperti 5×100, 4×100, 5×114,3, 4×114,3, dan sebagainya. Ukuran tersebut bisa dibaca dalam artian jumlah baut dan diameter PCD tersebut. Misalnya PCD 5×100, artinya ada lima baut dan jarak diameter antar bautnya 100 mm.

Center Bore

Center bore merupakan lubang yang terletak di bagian tengah velg. Mengukur center bore juga termasuk hal yang penting karena nantinya center bore ini yang akan duduk di center hub mobil. Sebaiknya, center bore cocok dengan center hub guna mengurangi getaran dan mengurangi beban yang diterima baut roda. Lalu, bagaimana jika center bore ternyata kurang pas dengan center hub? Biasanya hal seperti ini diakali dengan penggunaan centering agar center bore lebih pas ketika dipasang di center hub.

Offset

Offset velg
Offset velg

Ini merupakan istilah lain untuk menyebut seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Offset biasanya ditandai dengan bilangan angka dan kode ET. Misalnya, ET25, ET45, dan sebagainya. Semakin kecil angka yang tercantum maka semakin penampang tengah velg makin ke dalam. Sebaliknya, semakin besar angka yang tertulis maka maka penampang tengah velg semakin ke luar dari bibir velg.

berita terkait lainnya

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas