Pilih Mana, Toyota Agya GR Sport atau Raize 1.2?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 March 2023

Pilih Mana, Toyota Agya GR Sport atau Raize 1.2?

momobil.id – Toyota Agya generasi terbaru resmi meluncur pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Kini Agya dibagi menjadi dua segmen, yakni LCGC dan Agya GR-Sport. Jika dilihat dari harganya, Agya GR Sport dibanderol mulai dari Rp237,5 juta hingga Rp256 juta. Harga tersebut tentu sudah beririsan dengan beberapa model lain, salah satunya adalah Toyota Raize 1.2. Lantas, jika memiliki budget Rp250 juta, pilih Agya GR Sport atau Raize 1.2? Yuk simak komparasinya!

Tampilan Eksterior

1. Toyota Agya GR Sport

Tampak Belakang Toyota Agya GR Sport
Tampak Belakang Toyota Agya GR Sport

Agya generasi kedua memiliki tampilan yang jauh berbeda dibandingkan model sebelumnya. Mobil ini dibangun dari platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang diklaim lebih stabil dan memiliki body roll angle lebih baik.

Desain dari Toyota Agya GR Sport terlihat lebih sporty berkat sentuhan dari Toyota Gazoo Racing. Pada bagian depan, terdapat bentuk lampu horizontal dan grill trapesium yang terlihat sporty. Varian GR-Sport menggunakan housing air dam dengan sirip tambahan. Selain itu, Agya model termahal ini juga menggunakan aero kit pada bagian eksteriornya untuk meningkatkan aerodinamika dan tampilan yang sporty.

Exterior dari Agya GR-Sport hadir dengan balutan warna dual tone. Varian ini juga hadir dengan emblem GR dan logo Toyota pada bagian grill. Sementara pada bagian velg, kini Agya versi tertinggi menggunakan velg dual tone berukuran 15 inci.

Penggunaan platform TNGA juga membuat ukuran Agya generasi kedua lebih besar. Mobil ini memiliki panjang 3.760 mm, tinggi 1.505 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

2. Toyota Raize 1.2

Tampak Belakang Toyota Raize

Secara desain, Raize memunculkan kesan sebuah SUV gagah yang sporty dan atraktif. Hal ini tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh yang disertai sudut menyiku tajam dan agresif. Sementara pada bagian depan terdapat lampu utama LED dan DRL LED.

Tarikan garis bodi yang gagah juga tampak pada bagian samping dari Toyota Raize. Khusus varian bermesin 1.200 cc, Raiz menggunakan pelek berukuran 16 inci. Bagian belakang, Toyota Raize dilengkapi dengan lampu belakang berteknologi LED. Desain lampu belakang juga terlihat menyatu dengan aksen hitam pada bagian tengah dan logo Toyota.

Soal dimensi, Toyota Raize memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Sementara jarak ground clearance-nya 200 mm.

Interior dan Fitur

1. Toyota Agya GR Sport

Interior Toyota Agya GR Sport

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Agya GR Sport kini hadir dengan interior bernuansa hitam dan sporty. Interior dilengkapi dengan ornamen dark silver, material jok tricot dan aksen logo GR, serta aksen merah pada knob dan kemudi.

Pada bagian dashboard, Agya GR Sport dibekali dengan layar head unit berukuran 8 inci dengan Mirrorlink dan Back Camera. Kluster Instrumen pada Toyota Agya sudah dilengkapi dengan layar MID TFT 7 inci. Pada bagian kemudi terdapat tombol Audio Steering Switch, serta hadirnya paddle shift pada belakang kemudi untuk tipe CVT.

Untuk fitur keselamatannya, Agya dibekali dengan sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm + Mobilizer, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, ISOFIX, Dual Airbag, Seat Belt Warning, dan Speed Sensor Lock.

Baca juga: Toyota Agya GR Sport Kini Bukan Mobil LCGC, Apa Bedanya?

2. Toyota Raize

Interior Toyota Raize

Toyota Raize memiliki interior yang cukup sporty dan bernuansa hitam. Pada bagian dashboard, Toyota Raize dilengkapi dengan layar MID 7 inci TFT dengan tampilan interaktif dan modern. Layar dapat diganti dalam empat opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga fitur menarik lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 8 Inch Head Unit dengan floating design. Layar head unit terkoneksi dengan smart device T-Link dan hadir dengan fitur Personal Reminder. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Untuk fitur keselamatan, Raize varian 1.200 cc belum dilengkapi dengan Toyota Safety System (TSS). Meskipun demikian, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan berupa Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Spesifikasi Mesin

Toyota Agya GR Sport berbagi mesin yang sama dengan Toyota Raize 1.2. Kedua mobil ini dilengkapi dengan mesin berkode WA-VE, 3 silinder, in-line 12 Valve DOHC with Dual VVT-i berkapasitas 1.198 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 RPM dan torsi 11,5 kgm pada 4.500 RPM. Terdapat dua pilihan transmisi yang tersedia, yakni manual dan CVT.

Harga

Agya GR Sport tersedia dalam dua pilihan varian, yakni manual dan CVT. Hatchback Toyota ini hadir dalam 6 pilihan warna, yakni Black-Red, Black-White, White, Red, Black, dan Yellow. Berikut daftar harganya!

  • Agya 1.2 GR Sport M/T One Tone = Rp237.500.000,-
  • Agya 1.2 GR Sport M/T Two Tone = Rp240.000.000,-
  • Agya 1.2 GR Sport CVT One Tone = Rp253.500.000,-
  • Agya 1.2 GR Sport CVT Two Tone = Rp256.000.000,-

Toyota Raize 1.2 hadir dalam dua pilihan varian, yakni manual dan CVT. Sementara pilihan warnanya meliputi Black, Grey Metallic, Red, Silver Metallic, Turquoise MM, White, dan Yellow. Berikut daftar harganya!

mobil terkait

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 179.000.000

Individu

JEMBER

Rp 116.000.000

Individu

JEMBER

Rp 142.000.000

Individu

JEMBER

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 143.000.000

Individu

PEKANBARU


Kembali ke atas