Rekomendasi Mobil yang Cocok Digunakan untuk Offroad

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 August 2022

Rekomendasi Mobil yang Cocok Digunakan untuk Offroad

momobil.id – Kebutuhan akan mobil yang dapat melibas segala kondisi jalanan tentu merupakan hal yang penting bagi para petualang.

Salah satu jenis mobil yang mampu memenuhi kebutuhan ini adalah mobil offroad.

Mobil ini mampu menawarkan kegigihan ketika berkendara di jalan berbatu dan berlumpur.

Mengingat begitu banyak mobil yang beredar di pasaran, mobil offroad apa yang cocok untuk digunakan saat berpetualang?

Seperti yang diketahui, tipe dari mobil offroad sendiri beragam. Ada tipe SUV, Crossover, bahkan Pick Up.

Berikut ini merupakan daftar rekomendasi mobil yang cocok digunakan untuk offroad dan dijual di Indonesia.

1. Suzuki Jimny

Suzuki Jimny - mobil untuk offroad
Suzuki Jimny

Mobil jeep mungil dari Suzuki ini merupakan salah satu mobil yang cocok digunakan untuk kegiatan offroad. Meskipun memiliki dimensi yang ringkas, kemampuan offroad dari Suzuki Jimny tidak bisa diremehkan. Di Indonesia, mobil ini dijual dalam rentang harga Rp400 jutaan.

Jimny menggendong mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang mampu menghasilkan tenaga 102 PS dan torsi 130 Nm. Untuk menunjang kemampuan offroad, mobil ini dilengkapi dengan 3 Link Rigid Axle dan coil spring pada sisi depan dan belakang. Fitur ini mampu meredam guncangan saat melewati jalan yang tidak rata. Jimny juga dilengkapi dengan mode berkendara All Grip Pro 4WD yang dapat menyesuaikan kebutuhan pengemudi.

2. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser 300 - mobil yang cocok untuk offroad
Toyota Land Cruiser 300

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980an, Land Cruiser merupakan salah satu SUV legendaris milik Toyota. Mobil ini memiliki lekukan tubuh yang gagah dan sporty.

Untuk menunjang kegiatan offroad, mobil ini memiliki fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM). Sementara dari sisi dapur pacu, Land Cruiser ditenagai dengan mesin 3.346 cc V6D-Turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 309 PS dan torsi 700 Nm.

Bagi yang tertarik ingin meminang Toyota Land Cruiser, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp2,3 miliar.

3. Jeep Wrangler

Jeep Wrangler 4xe
Jeep Wrangler 4xe

Berbicara soal mobil offroad, pasti tidak lupa dengan produsen otomotif asal Amerika Serikat, yaitu Jeep. Sebagai mobil yang dikenal dengan kemampuan offroad yang mengagumkan, Jeep memiliki salah satu tipe mobil andalan yang legendaris, yaitu Wrangler. Di Indonesia, Jeep Wrangler tersedia dalam dua tipe, yaitu Sahara dan Rubicon dengan harga jual berkisar di Rp1,6 miliar.

Untuk menunjang kemampuan offroad, Wrangler dibekali oleh mesin 2.0 liter 4 silinder, 16 Valve yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 270 hp dan torsi 400 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang multi-link, serta shockbreaker coil spring.

4. Mercedes Benz G-Class

New Mercedes-AMG G 63 Edition 50
Mercedes Benz G-Class

Tidak hanya mobil mewah, Mercedes Benz juga memiliki mobil yang mampu digunakan untuk kegiatan offroad. G-Class merupakan salah satu mobil legendaris milik Mercedes Benz. Mobil ini memiliki desain yang khas, dan tidak berubah semenjak kemunculannya pada tahun 1979.

Model terbaru dari G-Class menggunakan mesin turbo V8 berkapasitas 4.000 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 tenaga kuda. Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan lewat sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

Di Indonesia, mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

5. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner facelift - mobil yang cocok untuk offroad
Toyota Fortuner

Salah satu SUV yang menjadi idaman masyarakat Indonesia adalah Toyota Fortuner. Tidak hanya tampilan yang sporty, mobil ini juga memiliki kemampuan offroad yang mumpuni.

Toyota Fortuner di Indonesia memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.400 cc 2GD dan 2.800 cc 1GD. Untuk varian 4×4, Fortuner mengusung mesin 2.800 cc 1GD-FTV yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 201,1 tk dan torsi 499,2 Nm. Mesin 1GD-FTV ini dikombinasikan dengan transmisi 6 speed otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic.

Untuk varian 4×4, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp712 juta (varian 2.8 VRZ A/T DSL).

Baca Juga: Tips Aman Selama Melakukan Offroad Bagi Pemula

6. Mitsubishi Pajero Sport

mitsubishi pajero sport gsr
Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport merupakan mobil SUV milik Mitsubishi. Sama seperti kompetitornya, Toyota Fortuner, mobil ini juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pajero Sport adalah tampilan grille depan yang mengadopsi desain Dynamic Shield.

Dalam segi performa, Pajero Sport tdibekali mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.400 cc dengan VGT-Intercooler. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 PS atau setara 179 tk dan torsi 429 Nm. Tenaga di atas ditunjang oleh transmisi otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential sehingga diklaim lebih responsif. 

Varian 4×4 Pajero Sport hanya tersedia dua tipe, yaitu GLX dan Dakar Ultimate. Varian GLX dibanderol dengan harga Rp562,9 juta. Sementara varian Dakar Ultimate dijual dengan harga Rp720,5 juta.

7. Isuzu D-Max

All New Isuzu D-MAX - mobil yang cocok untuk offroad
All New Isuzu D-MAX

Meskipun jarang ditemui di jalanan, Isuzu D-Max merupakan salah satu pick up yang memiliki kemampuan offroad yang bagus. D-Max sengaja dirancang agar mampu memenuhi kebutuhan bagi konsumen dalam berbagai bidang, khususnya tambang.

Dalam segi performa, D-Max disematkan mesin 1.898 cc yang mampu menyemburkan tenaga 150 PS pada 3.600 rpm dan torsi 35,7 kgm pada 2.600 rpm. Mesin ini juga sudah dilengkapi teknologi turbo desain baru yang diatur secara elektrik. Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan lewat transmisi manual 6 percepatan.

Soal harga, Isuzu D-Max dijual dalam rentang harga Rp360 jutaan hingga Rp460 jutaan.

8. Land Rover Range Rover

Land Rover Range Rover - Mobil yang cocok untuk offroad
Land Rover Range Rover

Hadir pertama kali pada tahun 1950an, Range Rover merupakan mobil yang paling inovatif pada masanya. Tidak hanya mewah, Range Rover juga menghadirkan kemampuan offroad yang tidak bisa dianggap remeh.

Land Rover Range Rover tersedia dalam dua pilihan varian, yaitu short wheel base (SWB) dan long wheel base (LWB). Kedua varian tersebut dilengkapi dengan mesin Ingenium 3.0 liter 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 350 PS. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp5,4 miliar.

9. Daihatsu Taft GT

Daihatsu Taft
Daihatsu Taft

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, Daihatsu Taft merupakan salah satu mobil yang reliable digunakan untuk offroad. Daihatsu Taft diluncurkan pertama kali pada tahun 1974.

Untuk varian terbaru, Daihatsu Taft dinamai dengan Taft FT dan meluncur pada tahun 1988. Pada tahun 1991, mobil ini mengalami ubahan pada bagian transmisinya.

Soal harga bekas, Daihatsu Taft GT bisa ditemui dalam rentang harga Rp90 juta hingga Rp100 jutaan.

10. Land Rover Defender

Land Rover Defender 130
Land Rover Defender

Defender merupakan mobil SUV legendaris milik Land Rover. Mobil ini memiliki kemampuan offroad yang cukup mumpuni. Di Indonesia, mobil ini hadir dengan dua pilihan tipe body, yaitu 90 dan 110.

Dalam segi mesin, terdapat dua pilihan varian mesin di Indonesia, yaitu mesin 2.0 liter dan 3.0 liter. Soal harga, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp2,1 miliar untuk tipe terendah 90 2.0 SE. Sementara untuk varian tertingginya dijual dengan harga Rp3,372 miliar untuk tipe 110 X-Dynamic.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas