Tips Aman Selama Melakukan Offroad Bagi Pemula

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 April 2020

Tips Aman Selama Melakukan Offroad Bagi Pemula

momobil.idOffroad merupakan suatu kegiatan yang mengasyikan. Dalam kegiatan ini, pengemudi berkendara dan melintasi jalur – jalur ekstrim seperti bebatuan, lumpur, dan tanah. Berkendara dengan mobil dijalan aspal tentunya berbeda dengan mengendarai mobil di lintasan lumpur, tanah, dan bebatuan. Pengemudi butuh keahlian khusus dalam menghadapi rintangan pada kegiatan offroad. Bagi offroader pemula, hal ini tentunya sulit, apalagi pemula harus menghadapi berbagai situasi seperti terjerembab dan terjebak pada satu kubangan. Hal ini dapat diatasi jika pemula memahami tips selama melakukan kegiatan offroad. Berikut tips aman melakukan offroad bagi offroader pemula.

Ikuti Komunitas Offroad

Melakukan kegiatan offroad sendiri tentunya sangat berbahaya bagi pemula. Pemula belum mengetahui teknik offroad yang tepat. Oleh karena itu, pemula disarankan untuk mengikuti komunitas offroad terlebih dahulu. Dengan berkumpul dengan komunitas offroad, pemula dapat belajar mengenai ilmu sekaligus berbagi pengalaman offroad. Selain itu, pemula juga dapat menumpang kendaraan dan mencoba offroad bersama orang yang lebih berpengalaman.

Memahami Medan Offroad

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh offroader pemula adalah medan yang akan diterjang. Offroader pemula perlu mengetahui jenis dan kontur dari medan yang ditempuh. Kegiatan offroad sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu fun offroad, extreme, speed, adventure offroad, dan touring offroad. Masing – masing jenis mempunyai tantangan dan jenis treknya sendiri. Oleh karena itu penting untuk belajar mengenai medan offroad sesuai dengan kemampuan. Selain itu, penting bagi para offroader untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan offroad.

Kuasai Teknik Offroad

Sebelum melakukan offroad, penting untuk menguasai teknik offroad terlebih dahulu. Teknik yang perlu diketahui antaranya adalah mengatur kecepatan saat menghadapi kontur jalan menanjak atau menurun. Semakin pelan laju kendaraan mobil, maka semakin mudah mobil dikendalikan. Selain itu, usahakan untuk tetap rileks dan jangan panik. Pikirkan trik yang harus dilakukan agar lolos dari rintangan.

Baca Juga : Tips Parkir Mundur yang Benar Bagi Pengemudi Pemula

Andalkan Fitur Offroad pada Mobil

Fitur Offroad dapat membantu mobil saat melakukan offroad. Oleh sebab itu, para offroader pemula perlu mempelajari fitur dan menggunakan fitur-fitur tersebut saat melakukan offroad. Fitur-fitur penting untuk keselamatan berkendara offroad antara lain adalah Hill Launch Assist (HLA), Hill Descent Control (HDC), dan Electronic Stability Control (ESC) . Fitu HLA membantu menahan kendaraan saat berhenti di tanjakan. HDC merupakan fitur yang membantu mengontrol kecepatan mobil pada jalan menurun. Sedangkan ESC mengaktifkan tekanan rem dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol saat tergelincir.

Jangan Lupa Membawa Bahan Bakar Cadangan

Tempat pengisian bahan bakar akan sulit dicari ketika melakukan offroad. Oleh sebab itu penting untuk membawa bahan bakar cadangan sebelum melakukan petualangan offroad di alam bebas. Disarankan juga mengisi bahan bakar penuh sebelum melakukan offroad agar tidak kekurangan bahan bakar.

Sumber gambar : wikipedia.org.



Kembali ke atas