Tips Parkir Mundur yang Benar Bagi Pengemudi Pemula

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 April 2020

momobil.id – Parkir mundur seringkali menjadi kendala bagi pengemudi pemula. Meskipun mobil zaman sekarang sudah dilengkapi oleh kamera parkir, parkir mundur tetap saja menyulitkan. Situasi yang sama juga kerap dirasakan oleh beberapa pengemudi yang sudah mahir ketika mengendarai mobil yang berbeda. Salah satu kendala pada saat parkir mundur adalah penglihatan yang terbatas, dan pengalaman yang dimiliki oleh pengemudi yang kerap mengalami kecelakaan pada saat parkir. Kunci untuk mahir dalam memarkir mobil hanya ada satu cara, yaitu terus berlatih hingga mobil bisa terparkir dengan tepat. Berikut tips berlatih parkir mundur bagi pengemudi pemula.

Buka Jendela Mobil

Bagi pengemudi pemula, penting untuk membuka jendela mobil. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan penglihatan yang jelas akan kondisi di luar mobil. Kekurangan cahaya akibat jendela yang gelap dapat mengurangi visibilitas terhadap benda – benda di sekitar. Selain itu, membuka jendela mobil juga dapat memberikan penglihatan yang lebih luas .

Perhatikan Kaca Spion dan Kuasai Area Parkir

Salah satu tips penting parkir mundur kendaraan adalah memperhatikan kaca spion. Kaca spion merupakan bagian terpenting dalam memarkir mobil. Lewat kaca spion, pengemudi dapat melihat bagian ujung mobil dan dapat mengetahui posisi benda pada bagian ujung mobil.

Selain penggunaan kaca spion, pengemudi juga harus menguasai area parkir. Pengemudi perlu menoleh ke belakang, kanan, kiri, dan bagian depan untuk mengetahui obyek disekitar lahan.

Perkirakan Jarak

Bagian penting dalam memarkir mobil adalah memperhatikan jarak. Perhitungkan jarak antara sisi kanan dan kiri terlebih dahulu secara teliti. Pengemudi harus memastikan bahwa jarak bagian kanan dan kiri kendaraan cukup untuk membuka pintu.

Baca Juga : Selain Parkir, Ini Empat Fungsi Rem Tangan pada Mobil

Manfaatkan Kamera Belakang

Sebagian mobil sudah dilengkapi oleh fitur kamera belakang. Jika mobil tidak memiliki fitur ini, disarankan untuk membelinya secara terpisah dan meminta bantuan teknisi untuk memasangnya. Gunakanlah kamera belakang untuk membantu memarkir mobil. Kamera belakang akan menampilkan kondisi bagian belakang mobil lebih jelas. Kamera belakang akan terhubung dengan monitor pada dashboard mobil, sehingga memudahkan pengemudi dalam memarkir mobilnya.

Gunakan Rem untuk Mengendalikan Kecepatan

Penggunaan rem dapat membantu mengendalikan mobil pada saat parkir mundur, misalnya ketika menginjak pedal gas terlalu keras. Menginjak rem secara teratur pada saat parkir mundur juga dapat mencegah terjadinya tabrakan / kecelakaan pada saat parkir mundur.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas