Sebelum Jadi Bos Tesla, Ini Mobil Pertama yang Digunakan Elon Musk

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 January 2021

Sebelum Jadi Bos Tesla, Ini Mobil Pertama yang Digunakan Elon Musk

momobil.id – Sebagai salah satu orang terkaya di dunia dan statusnya sebagai bos Tesla, selera otomotif Elon Musk termasuk hal yang membuat penasaran. Termasuk apa mobil pertama yang dimiliki Elon Musk sebelum berstatus sebagai CEO Tesla.

Seperti dilansir kumparan, mobil pertama Elon Musk ternyata adalah mobil legendaris BMW 320i lansiran 1978, yang dibeli pada 1994 seharga US$1.400 atau sekitar Rp19,5 juta. Selama dipakai dua tahun, dirinya kerap memperbaiki mobilnya sendiri bila ada masalah. Sampai ada insiden menyeramkan, di mana ban mobilnya lepas ketika digunakan karyawan magang di perusahaan pertamanya Zip2.

Selain BMW 320i yang menjadi mobil pertama, berikut daftar mobil berikutnya yang pernah dipakai oleh Musk.

Jaguar E-Type 1967

Ternyata ada cerita dibalik alasan Elon Musk membeli mobil ini. Pada saat usianya 17 tahun, ada yang memberikannya buku mobil klasik convertible.

Ada satu model yang mencuri perhatiannya, yaitu Jaguar E-Type. Dan bercita-cita akan membelinya ketika sudah punya uang. Nah saat Musk mendapat cek bonus awal sebesar 40.000 dolar AS dari Zip2, Musk membelinya. “Yang itu seperti pacar yang buruk, dan melibatkan saya pada banyak masalah,” kata Musk menceritakan tentang E-Type miliknya kepada Forbes.

McLaren F1

Untuk yang satu ini, Musk membelinya dari hasil penjualan PayPal. Digunakan sehari-hari beberapa tahun, untuk mobilitas dari Los Angeles ke San Fransisco. Namun McLaren F1 (mobil tercepat di dunia saat itu) rusak parah, saat Musk ingin memamerkan kemampuan mobilnya tersebut kepada Peter Thiel, yang juga sebagai pendiri PayPal. Sayangnya lagi, mobil tak diasuransikan.

Lotus Esprit

Pada 2013, Musk membeli Lotus Esprit submarine yang digunakan dalam film James Bond seharga 920.000 dolar AS di lantai lelang. Ini mobil impiannya sejak kecil. “Sungguh menakjubkan sebagai seorang anak kecil di Afrika Selatan untuk menonton James Bond, mengendarai Lotus Esprit-nya dari dermaga, menekan tombol dan mengubahnya menjadi kapal selam di bawah air,” kata Musk dalam sebuah pernyataan kepada Huffington Post.

Namun dirinya kecewa, setelah mengetahui bahwa mobil tersebut tak benar-benar bisa transformasi menjadi kapal selam. Dan dirinya bertekad untuk membuatnya jadi kenyataan. “Yang akan saya lakukan adalah melakukan upgrade dengan powertrain listrik Tesla, dan mencoba membuatnya bisa berubah jadi kapal selam secara nyata,” lanjutnya.

Baca juga: Lebih Gelap Kaca Film Tak Selalu Lebih Adem, Ini Sebabnya

Setidaknya, itulah empat mobil Elon Musk yang memiliki cerita unik. Selebihnya ada Audi Q7, BMW M5, Porsche 911 dan lainnya. Kini, Musk menunggangi Tesla Model S Performance untuk mobilitas. Tak jarang juga dirinya mengendarai Tesla Model 3 Performance. Sementara bila bersama anaknya, dia lebih memilih menunggangi mobil listrik SUV Tesla Model X.

Sumber gambar: CNBC.com


Kembali ke atas