Segera Lakukan Ini Jika Mobil Listrik Mogok di Jalan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 22 November 2020

Segera Lakukan Ini Jika Mobil Listrik Mogok di Jalan

momobil.id – Ada beberapa pertanyaan dari calon konsumen sebelum menggunakan mobil listrik. Salah satu pertanyaan tersebut terkait solusi saat menghadapi kendala dalam perjalanan. Misalnya, apa yang harus dilakukan jika mobil listrik mogok di jalan.

Banyak yang mempertanyakan bagaimana jika mobil listrik mogok di tengah jalan ketika masih menempuh perjalanan. Kalau mobil bermesin konvensional sih bisa langsung cari bengkel terdekat, nah kalau mobil listrik bengkel terdekat memangnya bisa menanganinya?

Dijelaskan Service General Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Putra Samiaji, pihak Hyundai yang sudah menjajakan mobil listrik Hyundai Ioniq dan Kona Electric sudah mempersiapkan jawaban atas keraguan tersebut. Jika mobil listrik konsumen ada yang mogok di tengah perjalanan, pihak Hyundai bisa menjemputnya.

“Kita punya RSA atau roadside assistance. Customer tinggal calling ke call center kita. Misalnya mogok, kita bisa towing. Itu berlaku untuk setiap mobil, nggak cuma mobil listrik doang,” kata Putra kepada detikcom.

Menurut Putra, jika terjadi kendala pada mobil listrik di tengah perjalanan, jangan asal utak-atik. Salah-salah, mobil listrik malah bisa bermasalah ke depannya. Dia menyarankan agar menyerahkan kepada dealer untuk diperbaiki.

“Apalagi ini mobil listrik, salah colok nggak tahu apa yang terjadi. Dealer kita siap, sudah dilengkapi dengan peralatan special service tools. Orang-orangnya juga sudah kita train (latih) untuk meng-handle itu,” sebut Putra.

Baca juga: Apa Saja Komponen Utama Pada Sebuah Mobil Listrik?

Lalu, bagaimana kalau baterai mobil listrik tiba-tiba habis di perjalanan? Menurut Putra, pihak Hyundai sedang mempersiapkan emergency mobile charging. Fungsinya mirip seperti powerbank yang digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel saat jauh dari outlet listrik.

“Jadi kita punya mobil listrik yang bisa mentransfer daya listrik yang ada di mobil listrik kami itu ke mobil pelanggan. Dilengkapi dengan konverter,” jelas Putra.


Kembali ke atas