Melihat Lagi Spesifikasi Hyundai Creta Penantang Honda HR-V

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 November 2021

Melihat Lagi Spesifikasi Hyundai Creta Penantang Honda HR-V

momobil.id – Dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) turut memamerkan model SUV 5-seater terbarunya yakni Hyundai Creta. Mobil penantang Honda HR-V ini merupakan produk pertama Hyundai yang diproduksi di pabrik Hyundai Cikarang, Jawa Barat.

Untuk pasar Indonesia, Hyundai Creta hadir dalam empat varian yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Lalu, seperti apa spesifikasi SUV kompak anyar ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Eksterior

Hyundai Creta

Hyundai Creta memiliki dimensi 4.315 x 1.790 x 1.630 mm dengan wheelbase 2.610 mm. Mobil ini memiliki tampang sporty yang mirip Hyundai Tucson lantaran menggunakan bahasa desain Parametric Jewel Grille. Salah satu ciri khasnya lewat lampu DRL LED yang ‘sembunyi’, dan uniknya akan terlihat menyatu dengan grille saat lampu dimatikan.

Dari buritan samping, tampilan luar mobil yang sporty juga dilengkapi dengan 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels. Lalu kesan SUV juga dipertegas berkat penggunaan fender, serta lengkungan garis pada pillar C. Sementara ke buritan belakang, Creta memiliki High Mounted Stop Lamp (HMSL).

Interior

Hyundai Creta

Hal menarik pada interior mobil ini yakni kehadiran Cooled Glove Box yang mana laci dashboard dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman, Ventilated Seat, serta Ambient Mood Lamp, ini tersedia pada varian Style dan Prime.

Pemilik Creta juga bisa merasakan kemudahan informasi lewat Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci (varian Style dan Prime). Sedangkan tipe di bawahnya seperti Active dan Trend dibekali meter cluster berukuran 3,5 inc LCD.

Hyundai Creta

Dari sisi infotainment, Creta juga dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Pada varian Style dan Prime, perangkat ini terhubung ke 8 unit speaker BOSE Premium Sound System.

Mesin

Hyundai Creta menggendong mesin bensin Smartstream 1.5L dengan system transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT). Di atas kertas, Hyundai Creta bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 115 PS/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm. Creta juga memiliki empat jenis mode berkendara atau Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Fitur

Salah satu yang jadi fitur unggulan dari Hyundai Creta ialah Bluelink Connect, sebuah teknologi konektivitas yang memberikan akses kepada penggunanya untuk terhubung dengan Creta miliknya melalui smartphone.

Pemilik Hyundai Creta bisa mengakses teknologi canggih seperti Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, yaitu fitur yang akan beroperasi pada saat terjadinya percobaan pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total pada saat pelanggan menghubungi Call Center.

Baca juga: Pindah dari Tuas Tranmisi D Mobil Matic, Apakah Perlu Ngerem Dulu?

Selain itu, ada pula Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet. Fitur Bluelink Connect ini sudah tersedia pada varian Trend, Style, dan Prime.

Semakin rendah trim maka semakin banyak fitur yang terpangkas. Misalnya pada varian Active belum dilengkapi dengan fitur keselamatan Smartsense. Sedangkan fitur keselamatan dan kemanan lain yang sudah dimiliki pada seluruh varian seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control, Brake Assistant System, Vehicle Stability Management, Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal, Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Unlock, Immobilizer, 2 Airbag trim Active dan Trend, 6 Airbag varian Style dan Prime.

Harga

Seperti disebutkan di atas, Creta memiliki empat varian di Indonesia yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Varian Active merupakan tipe terendah, dan Prime sebagai varian tertinggi. Berikut daftar harga dari varian tersebut.

Hyundai Creta Active 6-speed MT: Rp279 juta OTR Jakarta
Hyundai Creta Trend 6-speed MT: Rp299 juta OTR Jakarta
Hyundai Creta Trend IVT: Rp319 juta OTR Jakarta
Hyundai Creta Style IVT: Rp359 juta OTR Jakarta
Hyundai Creta Prime IVT: Rp397,5 juta OTR Jakarta
Hyundai Creta Prime IVT Two Tone Roof: Rp399 juta OTR Jakarta

mobil terkait

Rp 185.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 187.000.000

Individu

PADANG

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas