Sudah Tahu Belum? Yuk Kenali Identifikasi Kode Sasis Mercedes-Benz

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 August 2020

Sudah Tahu Belum? Yuk Kenali Identifikasi Kode Sasis Mercedes-Benz

momobil.id – Mercedes-Benz merupakan brand mobil Eropa yang menawarkan berbagai model premium. Satu model Mercedes-Benz biasanya diproduksi dalam berbagai wujud. Misalnya, sedan, station wagon, coupe, cabriolet, SUV, limousine, pullman, hingga roadster. Agar identifikasi model kendaraan lebih mudah, Mercedes Benz mensisipkan hurup pada tiap kode sasis.

Berikut penjabaran selengkapnya dari kode sasis tersebut..

W: Sedan/Wagon

Seperti dilansir Otodriver.com, huruf W digunakan pada model Mercedes-Benz berwujud sedan dan SUV short wheelbase. Untuk kode sasis W sendiri, seperti contoh W202 yang merupakan C-Class generasi pertama, W210 yang merupakan E-Class generasi kedua, W222 sebagai Mercees-Benz S-Class generasi terbaru, ataupun W463 sebagai G-Class terbaru dan seterusnya.

C: Coupe

Model Mercedes-Benz yang diawali dengan huruf C terlahir sebagai model coupe. Mobil ini hadir dengan gaya yang lebih sporty ketimbang versi sedannya. Adapun beberapa model coupe, seperti C124 yang merupakan E-Class coupe generasi pertama, C208 adalah CLK-Class generasi pertama, C207 yang merupakan E-Class coupe generasi keempat, dan lain-lain.

S: Estate

Kode sasis Mercedes-Benz dengan kode sasis S merupakan model Mercedes-Benz yang berwujud sebagai station wagon atau estate. Untuk model ini bisa dikatakan cukup jarang ditemukan di Indonesia. Ada beberapa model yang diawali dengan kode sasis S, yakni S202 untuk C-Class estate generasi pertama, S212 yang merupakan E-Class estate generasi keempat, C205 yang merupakan C-Class estate generasi terbaru, dan lain sebagainya.

R: Roadster

Model Roadster biasanya identik dengan mobil dengan atap terbuka. Namun, biasanya model ini hadir dengan orientasi mengemudi dan harus mengorbankan daya akomodasi. Berbicara model Roadster, ada beberapa mobil Mercedes-Benz Roadster yang hadir di Indonesia. Seperti R129 yang merupakan SL-Class generasi keempat, R170 yang merupakan SLK generasi pertama, R231 adalah SLC-Class generasi terbaru dan seterusnya.

Baca juga: Kebiasaan Seperti Ini Bisa Merusak Komponen Mobil Matic

A: Cabriolet

Berbeda dengan model cabriolet, dimensi yang ditawarkan lebih besar ketimbang model roadster. Mercedes-Benz sendiri menghadirkan beberapa model cabriolet-nya, seperti A124 untuk E-Class cabriolet generasi pertama, A208 yang merupakan CLK-Class versi cabriolet, A207 yang merupakan E-Class generasi keempat versi cabriolet.

X: SUV/Shooting Brake

Huruf X pada kode sasis Mercedes-Benz menandakan bahwa mobil tersebut adalah sebuah SUV. Tak hanya itu untuk beberapa model seperti CLA dan CLS versi shooting brake juga diawali dengan kode sasis berhuruf X. Sebagai contoh, X218 untuk CLS Class Shooting Brake, X253 untuk GLC-Class dan lain-lain.

V: Limousine

Model Mercedes-Benz dengan kode sasis V bisa dikatakan adalah model yang spesial. Dimensinya jauh lebih panjang ketimbang model regulernya.

VF: Pullman

Kode sasis ini biasa digunakan pada mobil kepresidenan. Sebagai contoh VF140 dan VF221.



Kembali ke atas