Supaya Harga Tidak Anjlok, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menjual Mobil Bekas

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 December 2020

Supaya Harga Tidak Anjlok, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menjual Mobil Bekas

momobil.id – Ketika butuh dana mendesak, menjual kendaraan biasanya menjadi salah satu opsi yang dilakukan beberapa orang. Jika kendaraan yang akan dijual adalah mobil, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar mendapat harga jual mobil yang tidak terlalu rendah.

Bagi pemilik mobil yang ingin menjual kendaraannya, tentu mengharapkan mendapat harga jual yang masih lumayan tinggi dan tidak terlalu jatuh. Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar harga jual mobil tetap terjaga. Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir Detik.com.

Baca juga: Supaya Nilai Jual Mobil Tetap Tinggi, Coba Lakukan Lima Hal Berikut

Interior dan eksterior terawat

Supaya mobil terjual cepat, langkah pertama yang harus diperhatikan ialah kondisi kendaraan. Baik eksterior dan interior harus benar-benar bagus, terawat, dan terjaga.

Jika kondisi mobil tidak dalam keadaan prima, ada baiknya kendaraan diperbaiki terlebih dahulu atau malah jika perlu ada bagian yang diganti. Meski harus mengeluarkan uang, mengganti bagian yang rusak bisa dianggap sebagai investasi karena harga kendaraan bisa dapat lebih tinggi.

Untuk pengecekannya bisa dilakukan pada bagian eksterior seperti bodi, kaki-kaki, dan mesin. Selanjutnya pengecekan interior seperti pada kursi, langit-langit, dashboard, kondisi AC juga harus dilakukan dan pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Jual ke pengguna

Strategi menjual mobil juga tidak kalah penting untuk bisa mendapatkan harga terbaik. Salah satunya dengan menjual langsung kendaraan ke tangan konsumen, bukan kepada penjual kendaraan bekas.

Jika mobil dilego ke penjual mobil bekas, maka harga yang akan diberikan itu akan ditekan habis. Itu terjadi karena penjual mobil harus menghitung lagi harga jual dana durasi penyimpanan mobil.

Masa berlaku STNK

Langkah selanjutnya agar mobil yang ingin dijual cepat laku ialah perhatikan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika STNK sudah mendekati jatuh tempo, hal ini bisa ikut mempengaruhi harga jual beli mobil.

Jika jatuh tempo STNK masih jauh, artinya pembeli punya waktu lebih lama melakukan balik nama surat kendaraan. Jika jatuh tempo pajak STNK sebentar lagi, maka penjual disarankan memperpanjang STNK terlebih dahulu jika enggan meminjamkan KTP.

Dokumen harus sah

Hal lain yang tidak kalah penting saat ingin menjual kendaraan dengan cepat ialah pastikan mobil memiliki dokumen yang sah.

Jelaskan kepada calon konsumen akan keabsahan dokumen kendaraan. Karena jika konsumen percaya akan keabsahan dokumen, bisa membuat calo pembeli semakin yakin untuk melakukan transaksi dengan cepat.

Kredit kendaraan sebaiknya sudah selesai

Langkah lain agar cepat menjual mobil ialah pastikan mobil tidak dalam keadaan masa kredit. Namun jika kendaraan masih dalam masa kredit, ada dua solusi agar transaksi jual beli bisa cepat terealisasi.

Pertama, menggunakan cara over kredit resmi kepada pembeli kendaraan. Pastikan melakukan over kredit resmi dengan melapor ke lembaga pembiayaan tempat mengajukan kredit. Kedua, melunaskan kredit mobil menggunakan uang pembeli terlebih dahulu. Namun hal ini semua harus dibicarakan terlebih dahulu kepada calon konsumen.

Jujur kondisi mobil

Pastikan menceritakan kondisi kendaraan dengan jujur, sehingga pembeli tidak merasa kecewa dan tahu apa yang harus dilakukan. Sebelumnya, lakukan juga pengecekan harga pasar untuk mengetahui berapa kisaran harga rata-rata mobil yang kondisinya kurang lebih mirip seperti mobil Anda.


Kembali ke atas