Tips Mengemudi City Car agar Lebih Nyaman Selama Berkendara

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 May 2020

Tips Mengemudi City Car agar Lebih Nyaman Selama Berkendara

momobil.id – Salah satu daya tarik mobil yang masuk di kelas city car adalah ukurannya yang rata-rata tidak terlalu besar sehingga cukup lincah bermanuver di jalanan perkotaan. Mengendarai mobil perkotaan tentunya akan lebih menyenangkan jika pengemudi mengetahui beberapa tips mengemudi city car dengan baik.

Tips mengemudi city car yang pertama adalah jangan terlalu memikirkan tenaga mesin. Pasalnya, mobil ini didedikasikan untuk pemakaian di dalam kota dan mengutamakan efisiensi bahan bakar. City car lebih memiliki karakter gesit, lincah, dan nyaman diajak bermanuver.

Ketika memasuki jalan bebas hambatan, jangan mengharapkan tenaga berlebih. Cukup mengemudi dengan kecepatan normal dan putaran mesin yang stabil. Tips kedua yang harus diperhatikan yakni ukuran velg dari pabrikan yang biasanya berdiameter kecil karena menyesuaikan dengan body mobil. Velg berdiameter kecil konstruksinya kurang kokoh, juga membuat bodi mobil gampang limbung saat bermanuver. Jadi sebaiknya hindari bermanuver secara ekstrem dengan city car.

Suzuki Ignis
Suzuki Ignis

Tips ketiga, posisi duduk pengemudi juga harus nyaman dan bisa menjangkau segala fitur di dashboard agar tidak mengalihkan pandangan dari jalan. Posisi duduk pun juga harus bisa menentukan sudut pandang, sebisa mungkin kurangi blind spot mobil ketika berbelok.

Baca juga: Huawei Gandeng 18 Produsen Mobil Dorong Penggunaan Teknologi 5G

Adapun karena peruntukannya untuk pemakaian dalam kota, maka biasanya mesin city car mempunyai karakter akselerasi yang responsif. Ini cocok dengan lalu lintas perkotaan yang cenderung stop and go.

Sebagai saran, pengemudi sebaiknya tidak perlu menginjak pedal gas secara berlebihan karena bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.



Kembali ke atas