Tips Menghemat Konsumsi BBM, Coba Ikuti 5 Cara Ini

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 3 September 2020

Tips Menghemat Konsumsi BBM, Coba Ikuti 5 Cara Ini

momobil.id – Banyak hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada sebuah mobil. Selain kapasitas cc, cara berkendara Anda juga menjadi faktor utama terkurasnya bahan bakar dengan cepat sehingga mobil menjadi tidak hemat BBM. Meski mobil Anda sudah hemat bahan bakar bahkan ramah lingkungan, namun cara penggunaannya juga harus diperhatikan.

Kondisi jalan yang macet pun bisa menjadi pemicu bahan bakar mobil berkurang lebih cepat sehingga mobil menjadi tidak hemat BBM. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini kami ulas beberapa tips cara penggunaan agar mobil bisa lebih hemat bahan bakar.

Baca juga: Tips Mengatasi Ban Mobil yang Mendadak Pecah di Jalan Tol

Batas kecepatan harus sesuai

Bahan bakar mobil akan turun dengan cepat seiring dengan kecepatan yang terus bertambah. Artinya semakin cepat Anda mengemudikan kendaraan maka isi BBM akan cepat terkuras. Jadi sebaiknya kemudikan kendaraan dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan atau setidaknya dalam kecepatan yang stabil.

Injak pedal gas secara bertahap

Saat menambah kecepatan jangan langsung menekan dengan cepat sebab konsumsi BBM akan lebih besar. Jadi sebaiknya injak pedal gas secara bertahap saat ingin berpindah ke gigi yang lebih tinggi.

Beda kondisi jalan, beda gigi

Kondisi jalan yang berbeda sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar mobil Anda. Dan penggunaan gigi yang tidak benar akan membuat bensin lebih boros. Misalnya menggunakan gigi rendah secara terus menerus, atau berkendara dengan gigi tinggi di jalan yang menanjak dan berbukit. Jadi sebaiknya gunakan gigi yang sudah disesuaikan dengan kondisi jalan.

Mencari jalur alternatif

Jalan yang macet memang menjadi momok saat berkendara dengan mobil. Selain membuat perjalanan lebih lama, macet juga membuat bensin menjadi boros. Walau sulit dilakukan tapi mencari jalur tikus yang sedikit lebih lancar bisa menjadi solusi.

Perawatan berkala

Kondisi mobil yang sehat akan membuat berkendara lebih nyaman dan yang pasti bisa menghemat BBM. Untuk itu lakukan perawatan mobil Anda secara berkala, seperti mengganti saringan udara yang kotor, tekanan angin pada ban sudah sesuai hingga menjaga kondisi mesin tetap prima.(Malika)


Kembali ke atas