Toyota Wigo Facelift Meluncur di Filipina, Apa Saja Bedanya dengan Toyota Agya?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 June 2020

Toyota Wigo Facelift Meluncur di Filipina, Apa Saja Bedanya dengan Toyota Agya?

momobil.id – Pada bulan Maret 2020, Toyota Astra Motor telah resmi memperkenalkan Agya facelift yang menawarkan beberapa perubahan. Di Filipina, Toyota Motor Philippines belum lama ini juga baru meluncurkan kembaran Toyota Agya yakni Wigo facelift 2020. Lalu, apa saja perbedaan Toyota Wigo vs Agya baik dari sisi desain maupun spesifikasi?

Seperti Agya Facelift 2020 yang sudah diluncurkan sebelumnya, Wigo juga tidak mengalami ubahan yang signifikan. Kemiripan keduanya terlihat dari ubahan desain grille dan bumper depan meruncing, sehingga lebih terkesan sporty.

Toyota Agya facelift
Toyota Agya facelift

Akomodasi lampu depan sama-sama memakai LED. Sementara pada bagian buritan penyegarannya juga terbilang minim penyegaran. Meski begitu, seperti dilansir Kumparan, bukan berarti keduanya tak memiliki perbedaan. Sebab, spesifikasi pastinya disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Ada beberapa perbedaan Toyota Wigo vs Agya berdasarkan data yang diperoleh.

Dari data teknis Toyota Filipina, Wigo dipasarkan dalam empat varian yaitu E MT, G MT, G AT, TRD S. Dari empat varian itu, hanya disematkan mesin bensin 3 silinder 1.000 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 65 dk pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara Toyota Agya memiliki enam varian model seperti G MT, G AT, G MT, G AT, G MT TRD, dan G AT TRD. Ada dua pilihan mesin bensin 3 silinder, yaitu 1.000 cc yang menghasilkan 66 dk dan torsi 89 Nm. Lalu mesin 1.200 cc bertenaga 88 dk dan torsi 107 Nm.

Pada Toyota Wigo varian TRD S dan G dilengkapi beberapa fitur keamanan dan keselamatan seperti Back Camera, Keyless Entry, dan Push Start Button. Sementara fitur ini pada Agya hanya tersedia di varian TRD.

Selain itu varian Wigo TRD S memiliki sistem audio layar sentuh yang mengakomodasi Apple CarPlay dan Android Auto. Varian teratasnya juga tersemat Dashboard Camera. Sedangkan semua tipe Agya tidak memilikinya. Dari segi pengendaraan, Toyota Wigo menggunakan sistem kemudi sebelah ke kiri, seperti standar pemerintah Filipina.

Baca juga: Spesifikasi Daihatsu Taft Reborn yang Menggunakan Platform DNGA

Terkait banderol, Wigo dipasarkan lebih mahal dari Toyota Agya. Salah satunya faktornya Wigo saat ini masih diimpor dalam bentuk CBU dari Indonesia. Varian termurahnya dibanderol 568 ribu Peso Filipina atau sekitar Rp161,4 juta dan varian termahalnya 700 ribu Peso Filipina atau Rp198,9 juta. Di sisi lain, Toyota Agya G M/T dilego Rp143,8 juta dan varian A/T TRD Rp169,2 juta.



Kembali ke atas