Mobil Terendam Banjir? Lakukan Penanganan Berikut!

Ditulis oleh : admin | 22 February 2017

Mobil Terendam Banjir? Lakukan Penanganan Berikut!

Musim hujan kembali mengguyur tanah air. Sebagian orang menyambut antusias musim ini, namun sebagian lainnya justru menganggap ini tanda mereka harus lebih berhati-hati. Pasalnya, curah hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan kebanjiran di berbagai titik perkotaan, sehingga masyarakat harus lebih waspada.

Baca Juga : Penting! 5 Perawatan Radiator Mobil Ini Wajib Anda Lakukan

Apakah Anda salah satu yang was-was karena sering bepergian atau tinggal di daerah yang rawan banjir? Kalau iya, tandanya Anda harus mempelajari beberapa langkah darurat jika suatu saat mobil Anda terendam dalam banjir. Apa saja cara atau langkah penanganan mobil kena banjir? Yuk cek di sini!

Putus Arus Listrik

Langkah pertama untuk penanganan mobil kena banjir adalah mencegah terjadinya arus pendek dengan mencopot kabel aki di terminal plus. Terendamnya mobil berarti air akan banyak masuk ke dalam mobil, baik di bagian interior maupun kap mesin. Untuk itu, untuk mencegah kerusakan mesin mobil, pastikan tidak ada arus listrik yang mengalir. Meskipun mesin mobil mati saat terendam, namun aliran listrik akan terus berjalan apabila aki masih tersambung, untuk itu, pastikan Anda segera mencabut arus listrik di aki.

Jangan Hidupkan Mesin

Khawatir akan mobil yang terendam dan langsung tergesa-gesa mencoba menghidupkan mobil untuk mengecek kondisinya? Jangan! Justru, dengan menghidupkan mobil segera setelah terendam banjir akan merusak mesin atau aki Anda, karena masih banyak air yang tersisa di dalam mesin / bodi yang bisa menyebabkan arus pendek atau korslet. Tunggu sampai mobil benar-benar kering, baru nyalakan mesin mobil.

Kemudian, bagaimana langkah yang tepat dalam mengeringkan mobil? Dan penanganan mobil kena banjir apa saja yang bisa dilakukan ketika mobil sudah kering?

Mengeringkan Mobil yang Terendam banjir

Anda bisa melakukan proses pengeringan mobil menggunakan pompa kompresor angin sebagai penanganan mobil kena banjir, yang biasa ditemui di tukang tambal ban atau bengkel. Namun, jika tidak memungkinkan untuk ke-dua tempat tersebut, Anda bisa menggunakan hair dryer.

Sebelum mengeringkan, pastikan kembali bahwa benar-benar komponen yang dialuri listrik untuk mencegah arus pendek. Agar proses pengeringan tepat sasaran, maka utamakan untuk mengeringkan komponen-komponen penting rawan air seperti busi, karburator, coil, delco, alternator, V-belt, saringan angin, saluran angin, dinamo starter, serta rangkaian kabel lainnya.

Ganti Oli Mesin Mobil Anda

Dengan terendamnya mobil, besar kemungkinan oli mesin mobil Anda sudah terkontaminasi dengan air banjir. Jika dibiarkan, kontaminasi ini bisa berdampak buruk pada mobil Anda. Mulai dari performa mesin yang menurun hingga rusak total. Oleh karena itu, langsung kuras habis oli Anda dan segera ganti oli mobil Anda. Pastikan pula Anda tahu oli mesin mobil yang cocok dengan mobil Anda.

Periksa Kondisi Rem Mobil Anda

Mesin sudah aman, interior sudah bersih, tetapi terasa sangat licin ketika dan susah untuk mengerem saat dibawa berkendara? Itu tandanya rem mobil Anda sudah terlanjur basah! Segera periksa kondisi rem mobil Anda dengan melepas ban lihat kondisi komponen-komponen rem mobil seperti kampas, piston kaliper, dan lainnya. Lakukan pengeringan pada komponen-komponen tersebut atau ganti dengan yang baru jika kondisinya sudah tidak memadai.

Kosongkan Tangki Bensin

Meskipun tertutup rapat, namun kemungkinan air masuk ke dalam tangki bensin tetaplah tinggi karena air bisa menyelinap masuk ke rongga-rongga yang terbuka sehingga bisa masuk ke dalam tangki bensin. Sama dengan halnya oli, air banjir bisa mengontaminasi bensin sehingga jika dipakai dalam kondisi terkontaminasi, mesin mobil Anda bisa kena dampaknya. Untuk itu, segera kosongkan tangki dan isi dengan bensin yang baru untuk mencegah kerusakan mesin mobil.

Langkah-langkah darurat dalam menangani mobil yang terendam banjir di atas memang memerlukan uang yang tidak sedikit, apalagi jika harus mengganti komponen. Tetapi, lebih baik berkorban daripada membiarkan mobil Anda rusak total, bukan?

Namun, apabila setelah melakukan langkah-langkah di atas atau penanganan mobil kena banjir Anda masih belum bisa berfungsi dengan benar, Anda sebaiknya mulai mencari mobil pengganti saja! Cari mobil bekas yang mampu bertahan di perkotaan yang penuh banjir agar Anda tidak kehilangan uang banyak karena biaya pergantian spare part terus menerus.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas