Suara Mesin Mobil Berisik? Ketahui Daftar Penyebabnya

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 23 November 2020

Suara Mesin Mobil Berisik? Ketahui Daftar Penyebabnya

momobil.id – Pernahkah Sahabat Momo mendengar suara berisik yang berasal dari mesin mobil? Jika pernah, maka Sahabat Momo perlu waspada. Jangan menganggap enteng suara mesin mobil yang berisik, karena bisa berakibat fatal pada mobil Sahabat Momo.

Suara mesin mobil yang berisik, selain membuat tidak nyaman saat berkendara juga membahayakan kondisi mobil. Oleh karena itu, Sahabat Momo perlu mengenali apa saja penyebab suara mesin mobil berisik berikut ini.

Kurangnya oli pada mesin

Fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan yang berlebih antar komponen di dalam mesin mobil. Jika oli mesin sudah berkurang, maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya gesekan yang menimbulkan suara kasar dari mesin mobil.

Bunyi kasar ini bisa terdengar dari bagian atas pengaturan katup. Hal ini juga bisa disebabkan karena kebocoran oli, sehingga oli mudah habis. Oleh karena itu, segera isi ulang oli mesin Sahabat Momo agar terhindar dari kerusakan mesin mobil.

Kompresor AC bermasalah

Jika Sahabat Momo mendengar bunyi kasar saat menyalakan AC, bisa jadi terdapat kerusakan pada kompresor AC. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kompresor AC bermasalah. Mulai dari kompresor AC yang kotor hingga habisnya oli pada kompresor AC.

Untuk mencegah kerusakan pada kompresor AC, maka segera lakukan pengecekan ke bengkel AC secara rutin. Jika sudah terjadi kerusakan, segera lakukan servis.

Baca juga: Mengenal Berbagai Komponen Penting pada Mesin Mobil

Bearing mesin

Selanjutnya adalah bunyi yang berasal dari bearing. Bearing bisa dijumpai di beberapa bagian mesin seperti tensioner, idler, alternator, kompresor, dan water pump. Melansir aca.co.id, bearing yang rusak akan menimbulkan bunyi dengung yang semakin kencang ketika RPM dinaikkan. Untuk mengatasi hal ini, maka segera lakukan servis dan penggantian bearing.

Pompa power steering

Melansir Bisnis.com, untuk mobil keluaran di bawah tahun 2012, sistem hidrolik power steeringnya masih menggunakan pompa. Jika pompa ini aus, maka akan menimbulkan suara dengung saat mobil digas. Sahabat Momo juga bisa mendengar suara pada pompa power steering ini saat sedang berbelok.

Ban mobil

Tidak semua bunyi berisik yang dihasilkan itu dari mesin mobil. Ban mobil yang dibuat satu putaran juga dapat menimbulkan bunyi. Hal ini bisa disebabkan jika pemasangan ban tidak tepat. Kesalahan arah putaran akan menimbulkan bunyi pada ban mobil.

Kopel joint

Khusus Sahabat Momo yang menggunakan mobil dengan penggerak roda belakang seperti Toyota Innova atau Toyota Avanza, mohon untuk mengecek kopel joint atau poros propeller. Jika bagian ini aus, maka akan menimbulkan bunyi dengung ketika mobil digas.

Baca juga: Busi Mobil Harus Diganti Jika Menunjukkan Ciri-ciri Berikut

Bearing roda

Bunyi berisik selanjutnya juga bisa disebabkan oleh bearing roda depan yang sudah aus. Roda depan yang berfungsi sebagai penahan beban kendali mobil berpotensi besar untuk terjadi aus. Oleh karena itu, segera lakukan servis.

Water pump

Bagian mobil terakhir yang juga bisa menimbulkan bunyi berisik adalah water pump. Bunyi pada water pump bisa disebabkan karena kelonggaran pada water pump atau bisa juga dikarenakan water pump yang sudah aus.

Adiraku

Untuk mengatasi suara berisik yang ditimbulkan dari beberapa komponen di atas, Sahabat Momo bisa menggunakan Moservice.id. Melalui Moservice.id, Sahabat Momo bisa menemukan dan menggunakan jasa servis terlengkap. Mulai dari ganti oli, tune up, servis AC, coating, dan masih banyak lagi servis yang lainnya. Selain itu, Sahabat Momo juga bisa mendapatkan banyak promo menarik setiap bulannya.


Kembali ke atas