Ini 8 Tips Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 October 2022

Ini 8 Tips Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku

momobil.id – Sebagian orang berminat untuk menjual mobil dengan berbagai alasan seperti ingin mobil baru, kebutuhan dana, hingga ingin memiliki model baru. Namun, menjual mobil bekas bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa tahap yang dilewati agar mobil laku terjual. Berikut ini merupakan 8 tips jual mobil bekas agar cepat laku.

1. Pastikan Dokumen dan Perlengkapan Mobil Lengkap

Salah satu tips yang wajib dilakukan ketika jual mobil bekas adalah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan untuk menjual mobil. Dokumen tersebut antara lain STNK, nota pembelian, buku panduan, dokumen asuransi, dan lainnya. Selain itu, siapkan pula bukti pembayaran pajak kendaraan serta pastikan nomor plat mobil dalam keadaan aktif.

Tidak hanya surat kelengkapan mobil, bukti perawatan pada mobil juga perlu disiapkan. Hal ini berfungsi agar calon pembeli mengetahui riwayat servis dan perawatan yang dilakukan pada mobil.

Setiap mobil dibekali dengan aksesoris bawaan seperti kotak P3K, ban serep, kunci cadang, dan kunci ganda. Pastikan aksesoris dan perlengkapan mobil lengkap sebelum mobil dijual. Apabila lengkap, tentu harga jual mobil akan lebih tinggi.

2. Keadaan Eksterior dan Interior Bersih

Sebelum menjual mobil, bersihkan terlebih dahulu bagian eksterior dan interior. Kondisi bagian eksterior dan interior mobil sangat mempengaruhi harga jual dari mobil. Apabila kondisinya buruk, maka harga jual mobil akan anjlok.

Pada bagian eksterior, bersihkan menggunakan sabun khusus mobil. Selain itu, perhatikan juga teknik mencuci mobil yang benar. Cucilah mobil dari bagian atas ke bawah, serta lap menggunakan kain microfiber.

Untuk bagian interior mobil, bersihkan hingga ke bagian sela-sela kabin. Selain itu, lakukan vacuum pada bagian jok agar terhindar dari kotoran dan debu. Pastikan untuk membersihkan bagian interior dan eksterior secara berkala.

Baca Juga: Lima Hal Berikut Bisa Membuat Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

3. Mesin Mobil dalam Keadaan Baik

Salah satu komponen paling penting pada mobil adalah mesin. Mesin berfungsi untuk menggerakan mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memastikan mesin dalam keadaan baik ketika mobil hendak dijual. Pengecekan pada mesin bisa dilakukan pada bengkel resmi. Apabila ada komponen mesin yang bermasalah, segera perbaiki sebelum mobil dijual.

Selain kondisi mesin, kebersihan pada mesin mobil juga penting. Kap mobil tentu akan dibuka ketika inspeksi. Kap mobil dan mesin yang kotor tentu akan mempengaruhi performa mobil. Bersihkan kotoran dan debu yang menempel dengan menyapu sela-sela mesin menggunakan kuas atau sikat halus. Pemilik mobil juga bisa menggunakan cairan pembersih, kemudian lap menggunakan kain microfiber.

4. Fungsi Mobil Berjalan dengan Baik

Sebelum menjual mobil, pastikan seluruh fungsi dan fitur berjalan dengan baik. Salah satu komponen yang diperhitungkan adalah AC mobil. Usahakan AC mobil dingin, tidak berbau, dan tidak berbunyi berisik.

Selain AC, periksa pula head unit dan perangkat lainnya pada mobil. Pastikan seluruh fungsi berjalan dengan baik dan semestinya. Jika terjadi kerusakan pada beberapa fungsi dan kelistrikan, segera perbaiki lewat bengkel resmi.

5. Menghindari Modifikasi Mobil

Sebagian orang memodifikasi mobilnya agar terlihat lebih sporty. Meskipun demikian, mobil yang dimodifikasi dapat mengurangi harga jual dari mobil. Pembeli cenderung memilih produk yang standar sesuai dengan model pasaran.

Oleh karena itu sebelum menjualnya, pastikan mobil dalam keadaan standar. Usahakan untuk melepaskan sparepart tambahan dan ubah dalam kondisi standar. Hindari merubah bentuk dari mobil yang hendak dijual.

Baca Juga: Angle Foto yang Bagus untuk Jual Mobil Bekas

6. Deskripsikan Mobil dengan Jelas

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menjual mobil adalah deskripsi dan iklan yang jelas. Foto menjadi salah satu faktor penentu orang untuk membeli mobil tersebut. Pasanglah foto dengan kualitas yang bagus dan informatif. Selain itu, usahakan untuk memperlihatkan foto yang cukup banyak dan lengkap dari berbagai sudut dan bagian mobil.

Setelah memberikan foto yang jelas, tidak lupa untuk menuliskan deskripsi mobil. Deskripsi kendaraan harus ditulis dengan jelas, lengkap, dan sesuai dengan kondisi kendaraan.

7. Menentukan Harga Jual Mobil

Salah satu tips wajib jual mobil bekas adalah menentukan harga jual. Sebelum menjual mobil, tentukan dulu patokan harganya. Sesuaikan harga dengan harga pasaran dan kondisi mobil yang hendak dijual.

Ketika harga yang dipatok terlalu tinggi, namun kondisi mobil yang dijual biasa saja, maka pembeli enggan untuk melirik. Sebaliknya jika harga mobil terlalu murah, maka calon pembeli akan curiga dengan kondisi mobil.

Selain menentukan harga jual, negosiasi dengan pembeli perlu dilakukan agar harga yang didapat memuaskan. Sebelum melakukan negosiasi, kenali terlebih dahulu calon pembeli agar harga yang dinegosiasi lebih tepat.

8. Gunakan Platform Jual Mobil yang Terpercaya

Ketika menjual mobil bekas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mobil laku terjual. Salah satunya dengan mengiklankan mobil sendiri. Namun, cara tersebut tergolong sulit karena butuh usaha lebih untuk mencari kenalan dan melayani pertanyaan setiap calon pembeli.

Tukar tambah di dealer juga bisa dilakukan, namun harga jual dari mobil bekas tentu ditawarkan dengan harga di bawah pasaran. Salah satu cara untuk menjual mobil yang mudah adalah lewat platform terpercaya.

Salah satu platform yang bisa dipakai adalah momobil.id! Momobil.id menghadirkan layanan jual mobil yang mudah, cepat dan aman! Saat ini, momobil.id sudah dilengkapi dengan fitur baru, yaitu Momobil Pro.

Momobil Pro memperkenalkan cara baru untuk menjual dan membeli mobil dengan mudah. Selain itu, harga jual yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan harga pasar! Untuk info lebih lanjut mengenai Momobil Pro, klik link berikut ini! >> Jual Mobil Bekas di Momobil Pro

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas